” Ada pasien yg observasi? ” tiba2 teman saya datang sambil tanya…….. saya mengerutkan dahi…..coz mencium bau aneh ” njenengan bibar ngrokok nggih, pak? “(anda habis merokok ya, pak?) tanya saya . Beliau cuma tersenyum simpul. “Sehari habis berapa bungkus pak?”, tanya saya penuh selidik.

Temen saya (TS) : “Sehari biasanya habis 2 bungkus….” kata beliau santai. ” Haah! 2 bungkus? “, niy orang pa pabrik…….. ( pikir saya ).

Saya : ” Kapan milai ngrokok pak? ”

TS : ” Yo, mulai isa golek duwit dewe………, kira2 umur 20th ”

Saya : ” Na, sa’menika yuswa pinten pak? ”

TS : ” seket lima ”

Saya : ” Ah, berarti sampun 35 taun nggih…. Lha sedinten telas arta pinten pak, kagem tumbas………”

TS : ” Uhm….. Rp.16.500,- sampe’ Rp. 18.000,-

Saya : ” Haah !…………. Rokok niku tibakE awis nggih pak….., Lha yen seSasi Lak nggih Rp.17.250,- ( pukuL rata ) x 30 hari = Rp.517.500,- Ya, Allah Pak………… menawi ditumbasnE beras (@ Rp. 5000,- ) Rp. 517.500,- : Rp.5000,- = 103.5 kg…………( bisa untuk makan -/+3klg dlm sebulan )

Menawi setaun Rp 17.250,- x 365hari = Rp. 6.296.250,- ………….

Begitulah percakapan saya dgn rekan sejawat, yg sdh senior . jangankan perawat, saya pernah tau ada dokter jaga di poli jantung menasehati pasiennya, agar jgn ngrokok kurangi minum kopi dLL. Tapi di saku baju dinasnya nyembul dgn malu2 bungkus rokok MaraiLoro (sengaja tak plesetkan)πŸ™‚

Kita sebagai salah satu negara penghasil rokok terbesar dengan populasi perokok yang besar dan juga ketergantungan pendapatan negara serta pekerjaan masyarakat yang tinggi kepada industri rokok menjadi salah satu kendala untuk mewujudkan negara yang bebas rokok.

Beberapa fakta rokok dari WHO adalah:

  • Ada lebih dari 1 milyar perokok di dunia
  • Rokok mengakibatkan kematian hampir setengah (50%) dari semua perokok
  • Hampir setengah anak-anak di seluruh dunia menghirup polusi udara dari rokok
  • Pemakaian rokok terus meningkat walaupun di negara berkembang menurun
  • Rokok mengakibatkan kematian untuk 5.4 juta orang setiap tahunnya atau 1 orang setiap 6 detik

tanggal 31 mei nanti adalah ” No Tobacco Day “ ( hari tanpa rokok ). Tapi ayo kita jadikan Hari Tanpa Rokok setiap hari !!!! πŸ™‚

Dibawah niy saya selipkan bahaya Rokok yg saya ambil dari :

http://tausyiah275.blogsome.com/2006/09/23/bahaya-rokok-dan-nikotin-di-dalamnya/

KEBENARAN TENTANG NIKOTIN

Ketagihan Rokok Berbahaya !

Tahukah anda bahwa :
– Ketagihan nikotin dalam rokok sama ketagihannya dengan heroin atau kokain.
– Lebih muda anda mulai mengisap rokok ,maka lebih kuat rasa ketagihan anda untuk merokok.
– Kebanyakan pemakai narkoba dan peminum alkohol bermula dari perokok

Bagaimana perokok menjadi ketagihan?
Nikotin merupakan racun yang bertindak langsung ke otak,merusak pemikiran dan tubuh. Apabila anda merokok , anda akan tergantung kepada nikotin . Tanpa rokok ,anda mengalami gejala-gejala yang kurang enak misalnya anda mungkin :
– Merasa cepat marah, hampa atau geram.
– Cemas atau gelisah.
– Stres dalam bekerja.

Kelegaan yang anda nikmati dari setiap batang rokok hanyalah sementara dan gejala-gejala tersebut akan kembali semula. Anda kemudian akan menyalakan sebatang lagi rokok dan tidak lama kemudian , anda menjadi ketagihan kepada nikotin.

Secara perlahan nikotin akan mengakibatkan perubahan pada sel-sel otak perokok yang menyebabkan anda merasa perlu merokok lebih banyak untuk mengatasi gejala-gejala ketagihan.

SANGAT MUDAH UNTUK KETAGIHAN

Perokok boleh menjadi ketagihan dengan cepat karena :
– Nikotin meresap ke dalam tubuh dengan mudah.
– Tidak seperti racun lain , rokok mudah didapat sehingga mudah untuk dikonsumsi.

Nikotin dalam asap rokok hanya membutuhkan waktu sekitar 10 detik saja untuk sampai ke otak . Mereka yang menganggap menghisap rokok dengan tidak menyalakannya adalah aman, salah besar. Karena nikotin juga dapat meresap melalui mulut, hidung dan kulit.

KEBIASAAN YANG MENGUNDANG MAUT

Ingat – rokok tidak hanya mengandung nikotin. Setiap hembusan asap juga mengandung 4.000 bahan kimia beracun yang menyebabkan penyakit serius. Itulah sebabnya mengapa ketagihan nikotin mengakibatkan lebih banyak kematian dan penyakit daripada ketagihan racun yang lain.

JANGAN TERPEDAYA

Ada rokok yang dikatakan lebih aman karena mengandung kadar nikotin yang rendah. Hal ini tidak benar ,karena rokok jenis ini sama bahayanya dengan rokok lainnya. Jadi serendah apapun kadar nikotin dalam rokok adalah berbahaya.

BEBASKAN DIRI ANDA

Jauhkan diri dari rokok – jangan sekali-kali mencobanya sebagai suatu kebanggaan. Ia hanya memerlukan bberapa batang rokok untuk menjadi ketagihan.

Jika anda telah menjadi seorang perokok, jangan berputus asa. Ketagihan nikotin bisa diobati tetapi seperti racun lain ,anda perlu waktu dan usaha untuk mencapai keberhasilan. Banyak perokok berputus asa apabila mencoba berhenti merokok karena mereka belum siap untuk menghadapi gejala-gejala ketagihan . Siapkan diri anda secara fisik dan mental dan dapatkan dukungan keluarga serta teman-teman anda.

Say nO to Drug and Smoke!!!